visibility:hidden; }
WELCOME AT BANYUASIN_SUMATRA SELATAN

Jumat, 03 September 2010

SILAT PALEMBANG

          
           Pada zaman sekarang ini tradisi silat terutama silat dari sumsel sangat sulit untuk di jumpai bahkan hanya ada beberapa daerah saya yang masih melestariakn budaya ini seperti daerah OKU,OKI, dan Indralaya.Tetapi semenjak diadakannya PON di SUMSEL maka tradisi ini diangkat dan di pertunjukan kembali ke lingkungan masyarakat bahkan sudah dikenalkan kepada generasi muda. Dan ada stasiun Tv yang menayangkan acara tersebut sehingga dapat di lihat oleh seluru rakya Indonesia terutama masyarakat SUMSEL.

           Pencak Silat merupakan warisan yang harus tetap kita jaga, jangan di buang ataupun di lupakan begitu saja karena banyak orang yang menginginkannya.

           Blog ini berisi tentang informasi tentang pencak silat dan segala kegiatannya yang ada di Palembang yang telah di himpun dari berbagai sumber. "Saya bukan jawara ataupun pendekar, kecintaan terhadap budaya bangsa yang membuat saya ingin lebih banyak mengenal"

1 komentar:

  1. Saya setuju mengangkat mengangkat kembali silat palembang, mungkin tua2 pendekar silat masih menyimpan jurus2nya agar kiranya dapat diajarkan dan kalau perlu didokumentasikan. Agar dapat dipelajari atau disebar luaskan ke generasi muda. Dulu tetua-tua kampung banyak yang melarang anak muda belajar silat dengan anggapan hanya sebagai pangkal pamer dan keributan belaka sehingga perlahan-lahan pencak silat mulai hilang dari tanah sumsel. Ingat kita pernah besar dengan Kerajaan Sriwijayanya, jangan sampai silat melayu kita hilang menjadi cerita belaka. Mungkin Seni Silat perlu diajarkan juga di sanggar2 seni tari sebagai bagian pagar pelestari budaya bangsa. Ada baiknya kebiasaan kita menguji orang yang akan mengajar silat di kesampingkan dulu demi lestarinya budaya bangsa. Tidak baik kita mengalahkan orang yang akan mengajarkan silat sementara kemampuan kita disimpan sampai mati.

    BalasHapus